Asli atau Panggung?


20121222-215417.jpg

Yama Carlos, begitu Ia dikenal. Tak banyak yang mengetahui bahwa pemeran Joko dalam film Badai di Ujung Negeri ini, memiliki nama asli Hamba Ramanda. Nama pemberian kedua orangtua merupakan satu hal yang sangat berarti bagi semua orang, pun sama halnya bagi Yama Carlos. Sampai kini masih saja ada yang bingung, salah paham, dan bertanya-tanya terkait dengan namanya tersebut.
Aku pun penasaran dengan cerita lengkap mengenai namanya tersebut. Berikut hasil wawancara singkat dengan Yama Carlos berkaitan dengan namanya. ๐Ÿ™‚

LR: Awal mula Kak Yama menjadi seorang entertainer gimana ceritanya?
YC: Awal mulanya justru dari basket. Gara-gara basket ada orang dari agency model yang nawarin aku untuk fashion show. Dari situ aku mulai terjun ke dunia hiburan, kira-kira tahun 2001.

LR: Saat muncul memang sudah pakai nama Yama Carlos atau belum?

YC: Sudah pakai Yama Carlos. Karena Yama Carlos memang nama kecil. Kaya kakak aku yang perempuan juga dipanggilnya Ike Carlos. Karena memang bapak kami namanya Carlos. ๐Ÿ™‚

LR: Asal muasal nama Yama Carlos dari mana Kak?
YC: Nama ‘Yama’ yang ngasih itu nenek aku (ibunya mamaku). Dari lahir nenek sudah kasih nama panggilan ke aku ‘Yama’. Nama Carlos adalah nama papa aku, karena nama papa ‘Carlos Roxas Carcia’. Nama lengkap aku ‘Hamba Ramanda’.
Jadi, begitu lahir kakek aku (bapaknya mamah) langsung kasih nama itu ke aku. Bahkan, papa mama aku enggak boleh nambahin nama lengkapku itu, karena aku cucu pertama laki-laki. Dan nama ‘Hamba Ramanda’ itu sangat berat/bagus artinya. Begitu sejarahnya. ๐Ÿ™‚

LR: Emang bikin sendiri atau orang lain yang ngasih nih?
YC: Dari kecil nama panggilan Yama/Yama Carlos sudah melekat di diri aku. Karena memang Yama anaknya Carlos. ๐Ÿ™‚

LR: Kenapa ga pake nama asli aja Kak Yama?
YC: Loh… Yama Carlos itu kan juga nama asli, bukan nama panggung. Tapi memang itu nama panggilan dari kecil. Kenapa nenek aku kasih nama Yama?? Jadi gini, waktu aku lahir aku tuh putih banget kaya bayi orang Jepang. Makanya nenek aku langsung buat nama panggilan ‘Yama’. Tadinya mau dikasih nama panggilan ‘Rama’, mau disingkat dari ‘Ramanda’. Tapi kata nenek aku, pada saat itu sudah banyak orang yang memakai nama ‘Rama’. ๐Ÿ™‚

LR: Gimana ceritanya kok orang-orang bisa ngira kalau Yama Carlos itu cuma nama panggung?
YC: Orang pada ngira ‘Yama Carlos’ cuma sekadar nama panggung mungkin sepintas nama itu keren banget kali yaa hahahaha. ๐Ÿ˜€ Makanya dikiranya nama panggung, padahal enggak sama sekali. Teman-teman dekat aku dari kecil, mereka sangat tahu kalau nama panggilan aku dari dulu ya ‘Yama’ / ‘Yama Carlos’. ๐Ÿ™‚

LR: Lalu sebenarnya nama Yama Carlos itu sekarang jadi nama asli atau nama aslinya tetap Hamba Ramanda?
YC: Enggak. Tetap nama lengkap aku ‘Hamba Ramanda’. Aku sangat bangga dengan nama itu. Justru nama itu bagus artinya. Kalau kalian pada mau tahu, ini artinya. ๐Ÿ™‚
Arti Hamba Ramanda yaitu: anak yang melayani Allah Bapa di Surga. Hamba: pelayan, Ramanda: Rama; Bapa/Tuhan Allah dan Nda/Ananda: anak.

Banyak orang yang mengira papa aku orang luar negeri (blasteran) karena namanya ‘Carlos Roxas Carcia’. ๐Ÿ™‚ Padahal, sebenarnya enggak. Papa aku orang Indonesia asli; asli orang Padang/Sumatera Barat. Dan aku sangat bangga jadi orang asli Indonesia tanpa harus sok ngaku-ngaku ada keturunan bule atau apalah itu. ๐Ÿ™‚

Aku juga sangat bangga dengan nama ‘Hamba Ramanda’. Karena aku satu-satunya cucu dari keluarga mama aku yang dikasih nama full/lengkap sama kakek aku. Dan justru mama papa aku enggak boleh ngasih nama tambahan. Bahkan waktu buat akte kelahiranku, kakek aku sendiri yang ngurus karena takutnya ntar ditambah-tambahin namanya sama papa mama aku. Segitunya kakek aku ‘melindungi’ nama aku. ๐Ÿ™‚ O:)

Begitulah singkatnya aktor yang sedang sibuk syuting film terbarunya ini menjelaskan cerita dibalik namanya tersebut. ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

