Tip Memunculkan Ide


20121116-125411.jpg

“Duh, pingin nulis tapi ga tau euy mesti nulis apa. Ide ga muncul-muncul lagi, sebal.”

Pernah kah teman-teman mengalami kekeringan ide? Tentunya pernah dong ya. Terlebih bila teman-teman masih penulis pemula sepertiku. Bila aku sedang ingin menulis, kadang kala aku berucap seperti di atas. Sekali waktu pula tetiba hadir beberapa ide. Bisa dikatakan ide itu laksana jelangkung yang datang tak diundang, pulang tak diantar. Sebab ide bisa hadir kapan pun dan lekas lenyap bila tak segera kita tulis.

Terkadang di satu hari kita bisa selalu dapat ide baru untuk dicurahkan dalam tulisan. Terkadang pula kita bisa kehabisan ide. Bila sedang mendapat banyak ide baru, tentunya menyenangkan dan kadang-kadang pusing juga hendak menulis ide yang mana dulu. Agar ide tak lenyap juga lantaran aku pelupa, aku selalu menuliskannya terlebih dulu di notes atau Ms. Word di handphone-ku. Supaya bila lagi kekeringan ide, aku masih punya beberapa ide cadangan sehingga masih bisa menulis. 😀

Pembahasan kali ini masih seputar tip menulis yang dibagikan oleh Kak Primadonna Angela di Twitter saat #NulisYuk. Kalau dipostingan sebelumnya aku share tentang tip membuat karakter dan tip membuat kalimat pembuka, sekarang tip memunculkan ide.

Sebenarnya tip ini sudah lama diberikan olehnya. Dulu hanya aku catat buat diriku sendiri saja agar sewaktu-waktu bisa aku baca dan ingat kembali. Namun, karena aku yakin tip ini bermanfaat juga bagi teman-teman yang memiliki hobi yang sama sepertiku yaitu menulis, maka kuputuskan untuk mem-postingnya di sini. 🙂

Tip-tip yang diberikan Kak Primadonna Angela semuanya sangat mudah dimengerti. Dan ternyata menghadirkan ide itu tak sesulit yang aku bayangkan. Hal-hal kecil yang ada di sekitar kita pun bisa menjadi sebuah ide. Cerita dari seorang teman, benda-benda yang ada di sekitar kita, atau hal-hal yang pernah terjadi dalam hidup teman-teman bisa jua menjadi sebuah ide.

Penasaran kan gimana caranya memunculkan ide? Tip ini juga berisi pemahamanku ketika membaca tip yang diberikan Kak Donna. Berikut beberapa tip memunculkan ide yang diberikannya, yang telah kurangkum menjadi 7 tip:
1. “Write about what you know
“Sering sekali disebut di mana-mana. Dan memang, ini modal utama bagi penulis pemula untuk menulis,” kata Kak Donna.

2. Tip kedua dari Kak Donna yaitu, renungkan keseharianmu. Aktivitas teman-teman sehari-hari apa saja. Ide bisa diambil dari aktivitas teman-teman. Entah itu kejadian yang menarik, menyenangkan, atau bahkan kejadian sedih sekali pun.
Kak Donna juga mengatakan untuk merenungkan hal-hal yang dilihat. Orang-orang yang diajak bicara. Dilema yang dihadapi.

3. “But my life is boring.
“Hindari pemikiran ini. Coba bayangkan kalau dirimu orang lain, menatap kehidupanmu. Apa yang dia lihat?” tambahnya.

4. Kak Donna juga berkata, “Sering dicurhati teman? Itu modal dalam menulis. Sering memperhatikan kejadian aneh-aneh? Ini juga modal!”
Trik dalam menulis adalah cara mengolah ide dari keseharianmu menjadi “khas milikmu“.
Pertanyaan selanjutnya adalah kalau tidak ada ide gimana? “Kalau tidak ada ide, coba renungkan seharian ini kalau kamu bisa curhat ke orang yang dipercaya, mau cerita apa?” lanjutnya.

5. Nah itu kan kalau kekeringan ide. Kalau terlalu banyak ide, Kak Donna mengatakan sorot dari 1 sudut pandang.
Contoh: bagaimana pendapatmu tentang orang-orang alay? Dan kalau orang-orang alay melihatmu, komennya apa?
“Anggaplah latar belakangmu adalah pelajar. Banyak yang bisa digali dari kehidupan sebagai seorang siswa!” kata penulis yang teenlit terbarunya berjudul How to Be A Writer.

6. Tip berikutnya yaitu hindari hal-hal klise! Kembangkan ide yang khas dirimu banget. Mulailah dengan mempertanyakan berbagai hal, berpikirlah kritis.
Contoh:
– Kenapa ekskul masak dan sulam kesannya identik dengan perempuan? Kalau ada cowok ganteng & kekar masuk sana, gimana? Bisa jadi ide.
– Kenapa guru hobi memberikan PR? Gimana kalau sekali-sekali ada murid yang minta gurunya bikin PR juga dari mereka, biar adil?

7. Dan tip yang terakhir adalah ide yang bagus berasal dari hal-hal yang sederhana. “Perhatikan sekelilingmu dengan saksama, maka ide akan terus mengalir,” kata Kak Donna.

Itulah beberapa tip memunculkan ide dari Kak Donna di #NulisYuk di Twitter yang menurutku sangat penting dan bermanfaat. Terima kasih banyak Kak Donna buat tipnya. 🙂
Semoga tip tersebut bermanfaat juga buat teman-teman. Selamat berburu ide! ^.^

Iklan

2 thoughts on “Tip Memunculkan Ide

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s