Tip Membuat Judul yang Memukau


20121120-001654.jpg

Apaan, nih, judul sama isi ceritanya enggak nyambung.

Pernahkah Teman-teman berkomentar seperti itu saat membaca, baik itu koran, majalah, buku, maupun cerpen yang menurut teman-teman isi dengan judul tidak relevan? Atau pernahkah berkomentar seperti, “Judulnya kurang oke, ah.“?

Aku yakin Teman-teman pernah berkomentar seperti di atas bila menemukan suatu bacaan yang judul dan isinya tak selaras. Membuat judul dapat kubilang susah-susah gampang. Adakalanya dalam waktu singkat aku sudah bisa memperoleh judul yang menarik. Terkadang juga aku membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melahirkan sebuah judul yang memukau dan sesuai dengan isi.

Beberapa bulan lalu Kak Primadonna Angela membagikan tip membuat judul saat sesi #NulisYuk di Twitternya. #NulisYuk merupakan hashtag khasnya dalam membagikan pengalaman juga pemikirannya mengenai dunia penulisan, yang rutin dilakukan olehnya setiap Jum’at (sekali waktu Sabtu atau Minggu).

Bila Teman-teman mem-follow-nya, tentunya sudah hafal. 😀 Hari Jum’at adalah hari yang selalu kutunggu. Sebab, banyak hal baru yang aku dapatkan dari Kak Donna mengenai tulis-menulis. Pengetahuanku pun bertambah. Tak usah berlama-lama lagi, berikut adalah tip membuat judul yang memukau yang telah kurangkum menjadi 5 tip:

1. Salah satu cara membuat judul yang catchy menurut Kak Donna adalah menggabungkan dua kata atau lebih menjadi satu hingga terbentuk kata baru yang unik dan membuat penasaran.
Contoh: #Belanglicious (belang+delicious), QueryPita (Querido+Puspitasari), Kintaholic (Kinta+holic).
Judul-judulnya acak saja. Contoh: BELMUTU (BELajar MencUri kUTU), Matalidi (MATi, Aku LIhat DIa).

2. Cara lainnya adalah plesetkan sesuatu yang ngetop menjadi judul yang oke.

3. Tip ketiga dari Kak Donna yaitu dalam memilih kata kunci untuk karyamu, bisa pakai bahasa asing. Kadang kalau terdengar eksotis, malah bikin penasaran.

4. Tip berikutnya, judul yang menarik perhatian bisa juga diciptakan dari memadukan beberapa hal secara acak.
Contoh judul seperti ini: “Persamaan Antara Hantu dan Sepatu”, “Kaki Kaca Berbalut Sutra”.

5. Dan cara lainnya dalam mencari judul yang catchy: ubah frasa/kalimat klise menjadi hal berbeda.
Contoh: ada gula ada semut, diganti dengan Ada Gula, Ada Jeruk Purut.

Latihan menulis judul: beri twist pada frasa/ungkapan/peribahasa agar terasa segar dan bikin penasaran.
Bisa juga mengubah Cinderella (cinder–abu) jadi Silverella. Memberi twist pada kata yang biasa terdengar. Dicoba ya, Teman-teman. 😀

Syarat judul yang oke menurut Kak Donna yaitu mudah diingat, catchy, dan bikin penasaran. Kadang ada bagusnya minta masukan writing buddy agar dapat judul yang oke.

Tip lainnya yang diberikan Kak Primadonna Angela yaitu:
Menurut Watase Yuu (salah satu penulis komik Jepang), setelah satu cerita selesai, coba kamu tuliskan minimal 20 kata yang mencerminkan isi ceritamu. Atau tuliskan 100-200 kata kunci yang mewakili ceritamu. Kemudian, padu padankan kata-kata kunci itu untuk jadi satu judul yang oke banget untuk ceritamu. Cari paduan kata yang menarik.

Nah, sekian tip membuat judul yang memukau dari Kak Donna. Semoga tipnya bermanfaat dan menambah pengetahuan Teman-teman, ya. 🙂

Iklan

26 thoughts on “Tip Membuat Judul yang Memukau

  1. pinjaman berkata:

    sungguh luar biasa sekali,terimakasih banyak atas informasinya…
    karena hampir beberapa bulan saya mencari dan ingin belajar masalah judul baru kali ini saya mendapatkan pencerahan dari mas darmawan…salam dan semakin sukses..

    • Launa Rissadia berkata:

      Hmm menurutku, kurang unik dan bikin penasaran. Sebenarnya tanpa digabungkan pun itu judulnya udah bagus, kok. Saranku sih jangan terlalu memaksakan untuk menggabungkan 2 kata menjadi judul, hehe. Btw, trims kunjungannya. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s