Positif atau Negatif?


20121207-173841.jpg

Kadang kala kita sulit untuk memperoleh sebuah masukan. Namun, sekali waktu tanpa disengaja kita bisa mendapat masukan yang banyak sekali. Berbicara mengenai masukan, tentunya teman-teman sudah mengetahui seperti apa masukan itu. Bagi hidup teman-teman, pentingkah masukan itu? Kalau bagiku, sebuah masukan baik itu masukan yang menyenangkan ataupun tak mengenakkan sekalipun, sama pentingnya. Sebab satu masukan dapat mengubah dan membenahi jalan menuju kesuksesan; bergantung dari cara merespon masukan tersebut.

Ada satu buku yang telah mengubah perspektifku selepas aku membacanya. Buku tersebut ditulis oleh dua penulis hebat yaitu Jack Canfield dan Kent Healy. Mungkin hanya sebagian orang yang mengetahui bahwa masukan terdiri atas dua tipe. Pada prinsip kelima belas dalam buku mereka yang berjudul “The Success Principles for Teens“, dijelaskan kedua tipe masukan tersebut.

Berikut dua tipe masukan yang dimaksud beserta pemahamanku:

1. Masukan Positif
Teman-teman pasti sudah kenal dengan tipe masukan ini, bahkan mungkin sering mendapatkannya. Yang dinamakan masukan positif yaitu masukan yang teman-teman senangi, diantaranya piala, pujian, penghargaan, nilai sempurna, dan lain-lain yang sifatnya positif. Masukan ini menandakan teman-teman telah berdiri di jalan yang benar dalam mencapai kesuksesan. Juga sudah tentu membahagiakan dan membuat muka cerah sepanjang hari. Akan tetapi kadang-kadang masukan semacam ini bisa menyesatkan. Mengapa? Karena masukan positif tersebut cenderung membuat kau tak mau berusaha lebih keras dalam mencapai tujuan.

2. Masukan Negatif
Bila masukan positif ialah masukan yang teman-teman senangi, masukan negatif adalah sebaliknya. Masukan negatif ini contohnya nilai jelek, kritik, kekecewaan, keluhan, tidak ada hasil, dan lain-lain. Kebanyakan orang angkat tangan dan mandek mengejar kesuksesannya hanya karena tak tahan dengan masukan negatif tersebut. Saat mereka memperoleh masukan negatif, mereka melantas down dan berasumsi untuk tak meneruskan upayanya dalam menjangkau kesuksesan.

Padahal masukan-masukan negatiflah yang terkadang dapat mengalihkan dan meluruskan jalan menuju kesuksesan. Juga masukan negatiflah yang menurutku sedikit lebih penting dibandingkan dengan masukan positif. Karena masukan positif sesekali hanya sebagai penyemangat dalam melakukan hal-hal untuk mencapai kesuksesan. Biarpun begitu, baik atau tidaknya dan penting atau tidaknya sebuah masukan — positif maupun negatif — yang diperoleh kembali lagi kepada cara pandang teman-teman akan masukan tersebut. Ada baiknya sebelum mengaplikasikan masukan juga membuat suatu perubahan, teman-teman memenungkan asal usul masukan tersebut. Lantaran tak semua masukan itu tepat. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s