[Part 1] Seminar Nasional “Be Different for a Better Future” – @chandrainspire


20130424-185459.jpg

Salah satu pengalaman berharga di tahun ini yang tak bisa aku lupakan adalah saat mengikuti Seminar Nasional “Be Different for a Better Future” yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himama) Maranatha Christian University pada Sabtu, 20 April 2013 lalu. Para pembicara yang dihadirkan di seminar tersebut, semuanya adalah pembicara yang hebat. Mereka adalah Chandra Sundjaja (Owner Ron 88), Bong Chandra (Motivator, Entrepreneur, Author), Adi Nugroho (Entrepreneur, Presenter, Actor), dan Perry Tristianto (Owner The Summit FO, Floating Market, Rumah Sosis, Tahu Lembang, dan lain-lain).

Sesi pertama diisi oleh Owner Ron 88 yang sangat ramah dan antusias dalam memaparkan materinya. Menurutnya, menjadi pengusaha adalah perjalanan mengusahakan kehidupan yang lebih baik bagi semua orang. Memang benar. Sebab, dengan menjadi seorang pengusaha, kita bisa membantu orang-orang yang belum memiliki pekerjaan. Mengubah hidup mereka ke arah yang lebih baik. Dan menawarkan produk/jasa terbaik yang kita punya.

Ciri umum seorang pengusaha menurut Chandra Sundjaja terbagi menjadi tiga, yaitu berani mengambil risiko, dapat mengambil keputusan sendiri, dan bertanggung jawab. Ada beberapa hal yang membedakan antara pengusaha biasa atau berhasil, yaitu:
Passion: jangan terjebak karena uang, sedang hati tidak ada di sana. Untuk berhasil, kita perlu bekerja sepenuh hati. “Mengapa” lebih penting dari “Bagaimana” dan “Apa” yang mau dicapai. Gairah meningkatkan daya juang. Gairah menambah keberanian mengambil risiko.
Melihat peluang: pengusaha membuat usahanya untuk melayani orang lain dengan memberi keuntungan. Prinsip: ikan, kolam, umpan, dan orang.
Beberapa cara melihat peluang: menemukan kebutuhan, menyelesaikan masalah, memperbaiki yang sudah ada, memperluas pasar “target market“, melihat momentum “seasonal“/timing, melengkapi produk/jasa yang ditawarkan, dan mengatur antara permintaan dan penawaran.
Tampil beda dengan kreativitas
Kreativitas adalah seni memberikan nilai tambah, konsumen ingin sesuatu yang “lebih”. Use your imagination. Semakin bersaing, semakin kreatif. Cara berkreasi: jadi yang pertama, memperbaiki yang ada, kombinasi keduanya.

Sayangnya karena keterbatasan waktu, yang bertanya pun hanya tiga orang saja. Berikut beberapa pertanyaan & jawaban tersebut:
1. Q: Bagaimana cara menemukan fokus dalam hal yang dikerjakan?
A: Menemukan bakat & mengembangkannya (berprestasi di dalamnya). Bakat harus digali, dilatih, dan dikembangkan.
2. Q: Bagaimana mengubah persepsi orang mengenai Aqua?
A: Kita harus jadi kreatif, terus mencoba hal baru, menemukan apa yang belum dilakukan oleh pesaing (Aqua), terus berinovasi, dan masuk dari generasi yang paling kecil.
3. Q: Bagaimana caranya punya semangat supaya tidak gampang menyerah?
A: Bekerja dengan passion, banyak mencoba.
Meski sesi Ko Chandra kurang lebih hanya satu jam, namun aku banyak mendapat wawasan baru darinya. Sungguh pemaparan yang sangat berisi, singkat, kilat, dan padat. Thanks atas sharing-nya Ko Chandra! ❤

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s