[Una’s Journal] Merawat Ingatan


p_20161223_172836_1-01

Setiap tempat yang pernah kita kunjungi pasti memiliki cerita dan kesan. Terlepas dari dengan siapa kamu menghabiskan waktu di tempat tersebut. Bukan begitu? 🙂 Banyak sekali tempat maupun benda yang terkadang mengingatkan saya akan sebuah momen atau seseorang. Untuk kali ini, ada satu tempat yang mengembalikan saya pada memori empat tahun lalu.

Setiap melewati hotel ini saya selalu teringat dengan momen yang tidak pernah saya duga sebelumnya. Di mana saya bersemuka dengan editor plus (salah satu) penulis favorit saya, Bambang Trim, untuk pertama kalinya. Grogi sudah pasti. Terlebih pertemuan kami kala itu adalah untuk membahas naskah saya yang hendak beliau terbitkan di bawah penerbitan miliknya. Tak tanggung-tanggung beliau pula yang menjadi editornya. Tidak usah ditanya bagaimana perasaan saya saat itu. Sudah tentu amat senang dan merasa beruntung sekali. Bagaimana tidak, buku Setetes Motivasi Kecil dapat lahir berkat dirinya. Beliaulah yang mengusulkan untuk membukukan tulisan singkat saya perihal motivasi setelah mengunjungi blog pribadi saya. Kok bisa, sih, beliau ‘main-main’ ke blog saya? Itu pun ada ceritanya, dan akan selalu tersimpan dengan baik dalam ingatan saya. Kapan-kapan saya ceritakan, ya.

Singkat cerita, mengobrol lah kami via e-mail hingga akhirnya bertemu, dan kemudian terbitlah buku tersebut pada bulan Juli 2013; buku nonfiksi pertama saya. Tentu ada pesan yang ingin disampaikan—entah itu tersirat maupun tersurat—dan tujuan ketika seseorang membuat sebuah buku. Saya menerima usulan beliau pun bukan karena supaya naskah saya bisa diedit beliau dan ingin memotivasi orang. Bukan. Pesan dan tujuan saya sendiri adalah mengajak pembaca untuk membuat sendiri kata-kata yang dapat membangkitkan semangatnya. Dengan kata lain, kalimat yang mampu memotivasi dirinya sendiri. Karena bagi saya—dan saya percaya—pendorong terbaik dan terbesar adalah diri kita sendiri, bukan orang lain. Orang lain hanyalah faktor luar yang sedikit mampu menyemangati kita. Buku Setetes Motivasi Kecil merupakan sekumpulan pemikiran saya tentang beberapa hal yang saya tulis berdasarkan pengalaman. Beberapa tulisan tidak persis sama dengan yang sudah ada di blog, dan sisanya adalah tulisan yang benar-benar baru.

Menurut saya, tempat yang berkesan dan benda pemberian merupakan dua dari banyak hal yang dapat merawat ingatan. Selalu menyenangkan ketika bisa mengingat kembali hal yang berkesan dan tidak terlupakan. Kali ini membuat saya bersyukur (lagi) atas kesempatan yang datang pada saya saat itu. Saya menulis ini pun sekaligus untuk mengenang kejadian lima tahun lalu; ketika menerima peluang dari beliau. Kalau kamu, momen apa nih yang berkesan, dan tempat atau benda apa yang selalu membuatmu tenggelam ke masa lalu? Share, yuk. 🙂

Tinggalkan Balasan

