[Movie Review] Genius (2016)


Judul Film: Genius

Pemeran: Colin Firth, Jude Law, Nicole Kidman, Dominic West, Guy Pearce

Sutradara: Michael Grandage

Penulis Skenario: John Logan

Tahun Produksi: 2016

Durasi: 103 menit

Jumlah halaman tidak penting. Menyampaikan cerita yang penting.

Kita bukanlah karakter yang kita inginkan. Kita adalah karakter sebenarnya.

“Ide yang layak ditulis adalah tentang ide-ide besar. Ide yang besar, kurangi bicara.”

Genius adalah sebuah film drama biografi yang diadaptasi dari novel berjudul Max Perkins: Editor of Genius karya A. Scott Berg. Film Amerika Serikat-Inggris produksi tahun 2016 berdurasi 103 menit ini mengisahkan tentang hubungan profesional antara seorang penulis yang berasal dari Amerika bagian utara bernama Thomas Wolfe (Jude Law) dan Maxwell Perkins (Colin Firth),  kepala editor di perusahaan penerbitan buku bernama Scribner di Kota New York, Amerika. Naskah autobiografi yang ditulis oleh Thomas sempat ditolak di banyak penerbit sebelum kemudian diterbitkan oleh Scribner. Max sebagai editor mencoba membaca naskah unik milik Thomas tersebut hingga akhirnya memutuskan untuk menerbitkannya.

Bukan hal yang mudah bagi Max dan Thomas untuk bisa menghasilkan karya yang menarik pembaca. Konflik argumen terkait penyuntingan naskah pun tidak jarang terjadi. Tidak hanya itu, konflik antara keluarga juga dialami oleh keduanya. Lantas, bagaimanakah nasib naskah-naskah Thomas? Berhasilkah Max menangani naskah-naskah Thomas dan membuatnya menjadi karya yang hebat?

Dalam film ini penonton akan mengetahui bagaimana persahabatan yang terjalin antara Maxwell dan Thomas, perjuangan yang dilakukan Thomas demi memenuhi targetnya, kemampuan Max sebagai editor yang mumpuni, dan tentunya pengetahuan tentang penyuntingan. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari film ini. Menonton Genius membuat saya ingin menonton film sejenis lainnya.

Singkatnya, film ini menceritakan kronik kehidupan Maxwell Perkins sebagai editor buku di Scribner yang telah menangani dan menerbitkan karya besar seperti milik Ernest Hemingway dan F. Scott Fitzgerald. Juga kehidupan Thomas Wolfe sebagai seorang penulis yang mengabdikan dirinya untuk menulis. Genius adalah film yang bagus dan menarik untuk ditonton, khususnya bagi kamu yang tertarik dengan dunia penulisan.

“Menjadi seorang novelis, kau harus memilih. Kau harus membentuk dan mengukir.”

“Terkadang orang hanya pergi begitu saja. Mereka harus tumbuh dewasa, lalu meninggalkan rumah.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s