[Movie Review] Sunny (2011)


Source: google

Judul Film: Sunny (써니/Sseoni)

Pemeran: Shim Eun-kyung, Kang So-ra, Yoo Ho-jeong, Jin Hee-kyung

Sutradara: Kang Hyeong-cheol

Penulis Skenario: Kang Hyeong-cheol

Tahun Rilis: 2011

Durasi: 124 menit

“Hidup ini terlalu singkat untuk hidup tanpa impian.”

Film Korea bergenre drama komedi keluaran tahun 2011 berdurasi 135 menit ini mengisahkan tentang Im Na-mi (Shim Eun-kyung), murid SMA pindahan dari Beolgyo, Jeolla-do. Aksen daerah yang berbeda dan sangat kental membuatnya menjadi bahan tertawaan murid-murid lain. Tidak jarang Na-mi menjadi korban bully teman-temannya. Tidak seperti murid kebanyakan, Ha Chun-hwa (Kang So-ra)—pemimpin geng yang terkenal di sekolah—senang dengan kehadiran Na-mi. Setiap kali Na-mi di-bully, Chun-hwa dan anggota gengnya tidak segan-segan menolongnya. Suatu ketika ada satu kejadian yang membuat mereka dikeluarkan dari sekolah dan terpisahkan selama 25 tahun.

Singkat cerita, ketika Na-mi (Yoo Ho-jeong) menjenguk mamanya di rumah sakit tanpa sengaja dia bertemu dengan Chun-hwa (Jin Hee-kyung) yang sedang dirawat karena mengidap penyakit keras. Sebagai permintaan terakhir Chun-hwa meminta Na-mi untuk mengumpulkan dan mempertemukannya dengan lima anggota Sunny yang lain; Kim Jang-mi (Go Soo-hee) yang terobsesi ingin memiliki kelopak mata ganda, Hwang Jin-hee (Hong Jin-hee) yang memiliki sebutan ratu berbicara kasar, Seo Geum-Ok (Lee Yeon-kyung) yang tertarik pada sastra, Ryu Bok-hee (Kim Sun-kyung) yang bermimpi suatu hari akan menjadi Miss Korea, dan Jung Su-ji (Yoon Jung) yang sikapnya dingin. Akankah Na-mi berhasil menemukan mereka dan membuat Sunny utuh kembali?

Saya mendapat rekomendasi film ini dari sahabat saya, PJ. Kata-katanya amat mengganggu hingga membuat saya penasaran. Ternyata Sunny memang film dengan cerita yang simpel, namun bagus, menarik, dan menghibur. Kisahnya disajikan dengan dua setting; tahun 1980 di mana mereka baru menginjak usia remaja dan masa di mana mereka sudah menjadi wanita baya. Para pemainnya berhasil menunjukkan bagaimana sebuah persahabatan itu bisa begitu berharga. Terlihat jelas dan terasa sekali dalam setiap kebersamaan mereka meskipun hanya satu-dua anggota saja yang berkumpul.

Film ini penuh dengan adegan-adegan lucu, sedih, dan mengharukan. Ketiga hal itu akan kamu peroleh selama menonton film Sunny. Jangan mengharapkan banyak adegan romantis dalam film ini karena adegan tersebut hanya ada sedikit. Meskipun begitu, saya rasa sudah pas sesuai porsinya. Bagian yang saya paling suka adalah ending-nya. Karena berhasil membuat saya sedih dan tertawa pada saat yang bersamaan.

Saya terkesan dengan tampang para pemainnya yang ketika masih muda dan sudah tuanya terlihat mirip sekali padahal beda orang. Film yang disutradarai dan naskahnya ditulis oleh Kang Hyeong-cheol ini berhasil membawa saya kembali ke masa lalu. Kekonyolan, kekompakan, dan kebersamaan mereka mengingatkan saya pada GG; empat sahabat saya. Pun memunculkan kembali kenangan saat kami melakukan hal-hal konyol di kampus dulu.

Menonton film Sunny juga membuat saya rindu berkumpul dengan GG, dan rasanya ingin mengulang lagi masa itu. Momen-momen di mana yang kami pikirkan hanya bersenang-senang, beredar, menongkrong, dan menghabiskan banyak waktu bersama-sama. Bagi pencinta film Korea dan bertema persahabatan, film Sunny tentu menjadi film yang amat sayang untuk dilewatkan.

“Kita akan bertemu lagi. Jika kau mengabaikan kami karena hidupmu terlalu bagus, kami akan menghukummu. Jika kau bersembunyi karena hidupmu payah, kami akan membuatmu lebih baik.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s